NOTE BOOK--SEMINAR HARDIKNAS by FORKAPMI--

Label: ,

 ehm,,sebenernya ana bingung mau nulis tentang kesan ikut seminar atau materi seminar nya..
tapi apa aja boleh lah ya..yang penting semoga para pembaca gak bingung ma tulisan ana..
hehe

tadi ane bingung,mau nulis apa yang dibilang ma pemateri or fokus merhatiin materinya..
waduh duh duh..
tapi ane mikir,kalo cuma merhatiin ,,ane yakin se'pulang dari seminar dah lupa tu apa-apa yang disampein ma pematerinya..hehe
jadi ane mutusin untuk nulis ja inti-inti dari yang disampein ma pematerinya...

ni ane mau nulis apa yang ane catet di note book yang dikasih ma panitia...
mudah mudahan walaupun cuma intinya aja,tapi bisa bermanfaat..
----------------------------------------------------
SEMINAR HARDIKNAS
"show up your brilliant mind with your bright iman"
15 mei 2011
darmajaya
----------------------------------------------------
pemateri pertama,
1. Ummi Damayant, Spd.
(pengamat pendidikan & remaja)

Permasalahan Remaja :

  1. globalisasi
  2. disfungsi keluarga
  3. rapuhnya pribadi manusia
  4. penyimpangan sosial
  5. dll
Gambaran Umum Remaja Dunia :

  •  Pemuda/pelajar di Jepang terkenal gigih dan pintar....--tingkat bunuh diri tinggi.
  •  Pemuda/pelajar di Amerika pada umumnya maju,terbuka dan modern...--moral rendah
kecerdasan yang berperan memperbaiki masalah remaja :
  • kecerdasan spiritual >>> Sumber Energi
  • kecerdasan Emosional >>> Bisa memahami diri sendiri dan orang lain
  • kecerdasan Intelektual >>> apa hayo..???(ane lupa,gak kecatet)hehe
masalah remaja bisa diatasi dengan mengembangkan pengendalian kecerdasan di atas,
untuk mendapatkan 3 kecerdasan diatas diperlukan cara pandang hidup spt ini :
"Fahami Fase perkembangan Psikologi diri kita sendiri"

ehm..ni kata-kata yang ane buat tempat khusus di catetan ane :
  • Tempatkan penampilan sesuai dengan karrakter kita
  • seharusnya gurulah yang harus bisa memahami psikologis remaja
  • fahami karakter orang saat berinteraksi, agar komunikasi terjalin lebih bersahabat
  • pendidikan di indonesia urutan 109 dari 179 negara yang disurvey
 ----------------------------------------------------
pemateri yang ke 2
2) Ukhtina Rafiqoh
(pelajar berprestasi dari SMAN 16 B.lampung)

sebenarnya dia tidak memberikan materi, tapi memberikan motifasi..
yang saya tangkap dari dia adalah moto hidupnya..
kalo gak salah bunyinya gini "be better your self"
maksudnya jadilah diri sendiri yang lebih baik..
dia menjelaskan bahwa sebagian besar orang memakai motto be your self,jadi diri sendiri..
nah,ukhtina rafiqoh ini berfikir bahwa kita tidak cukup jadi diri sendiri,tapi kita harus jadi diri sendiri yang berkembang jadi lebih baik..
waw banget ya makna motto nya..

----------------------------------------------------
pemateri ke 3
3) Bpk. Prajatuala,Spd.
(Dinas Pendidikan kota Bandar Lampung)
motto nya sangat luar biasa, yaitu :
"Air mudah sekali jadi basah, api mudah sekali jadi panas, tapi manusia sangat sulit sekali untuk menjadi manusia"
waw...
yang ngerti maksudnya,,coment ya...hehe

ni catatan yang saya beri tempat khusus dari apa-apa yang disampaikan Bpk.Prajatuala,
  • pendidikan itu harus berbasis IMTAQ, harus berlandaskan Nilai-nilai islam
  • Ada tidaknya orang dalam ruangan,,ucapkanlah salam...
  • kalau whudu itu harus bener-bener layaknya wudhu,,jangan asal-asalan..
kata-kata dari Bpk.Prajatuala yang akan kita tagih suatu saat nanti,
beliau mengatakan :
  • harap lapor jika ada keluhan tentang semua hal yang berkaitan tentang pendidikan ke dinas pendidikan
  • Dinas Pendidikan sudah menyiapkan beasiswa, tinggal setiap instansi pendidikan yang harus menghubungi pihak dinas pendidikan untuk mengambil beasiswa tsb(beasiswa hanya untuk anak kurang mampu dan berprestasi)
  • Dinas siap membantu masalah pendidikan kapan pun

demikian catatan pada NOTE BOOK saya..
mungkin pembaca bingung,,
tapi yasudahlah..
semoga tulisan ini bermanfaat..



0 komentar:

Posting Komentar